Fungsi OR Excel

  • by

Pengertian Fungsi OR Excel

Fungsi OR adalah fungsi yang digunakan dalam excel yang berfungsi untuk menghasilkan nila True bila salah satu  atau semua argumen bernilai benar dan akan menghasilkan nilai False bila  semua argumen bernilai salah, jadi apabila salah satu saja argumen bernilai benar maka nilai true yang akan muncul. Fungsi or merupakan fungsi yang masuk dalam kategori fungsi logika dalam excel. Fungsi OR ini biasanya sering dikombinasikan dengan fungsi-fungsi excel lainnya seperti fungsi If. Penggunaan fungsi or (Tutorial excel)  ini cukup mudah dan merupakan fungsi yang paling sering digunakan dalam pengolahan data excel.

Bagaimana menggunakan fungsi OR?

Bentuk Penulisan =OR(Logika1, [Logika2], …)

Logika1, logika2 dst adalah kondisi yang akan kita uji, yang dapat menghasilkan Nilai True atau False (konsepnya adalah 1. logika1 benar , logika2 dst salah, maka akan menghasilkan nilai True, 2.logika1 salah, logika2  dst salah maka akan menghasilkan nilai false) fungsi ini cukup mudah untuk dipahami.

Uji Logika

1. Semua kondisi bernilai true maka akan menghasilkan nilai true
2. Semua kondisi bernilai false makan akan menghasilkan nilai false
3.Salah satu atau beberapa kondisi bernilai benar maka akan menghasilkan nilai true.

Contoh Penggunaan Fungsi OR

Contoh 1:

1. Pada Cell B23 hasil True karena 1+1=2 benar, 1+3=4 benar jadi kedua argumen tersebut bernilai benar.
2. Pada Cell B24 hasil True karena 1+2=2 salah, 1+3=4 benar jadi salah satu argument bernilai benar jadi hasilnya adalah true.
3. Pada Cell B25 hasil False karena 1+1=4 salah, 1+4=4 salah jadi kedua argumen tersebut bernilai salah, oleh karena itu hasilnya adalah false.

Contoh 2:

Keterangan:
1. Cell D3 hasil True karena semua argument terpenuhi yaitu Cell B3 dan Cell C3 nilainya diatas 81.
2. Cell D4 hasil False karena semua argument tidak terpenuhi yaitu Cell B3 dan Cell C3 nilainya dibawah 81.
3. Cell D5 hasil true karena salah satu argument terpenuhi yaitu Cell B5 dibawah 81 namun dan Cell C5 nilainya diatas 81.
4. Cell D6 hasil False karena semua argument tidak terpenuhi yaitu Cell B3 dan Cell C3 nilainya dibawah 81.

Contoh 3: (kombinasi fungsi If dan fungsi OR)

Contoh diatas mendiskripsikan kombinasi fungsi OR dan IF. dari contoh3 tesrebut mendeskripsikan tentang Penjualan Coffe Shop Dorr, jadi Toko tersebut ingin tahu kira-kira diskonnya per invoice pe produk itu berapa, kalau kita ingin tahu berapa jumlah diskonnya artinya kita harus tahu terlebih dahulu syarat diskon toko tersebut. Dari contoh diatas syarat diskon adalah apabila ada pesanan kopi expresso atau latte atau pesanan >=3 gelas maka akan mendapatkan diskon sebesar 30% dan bila syarat-syarat tersebut tidak muncul maka barang tersebut tidak akan didiskon.

Keterangan:

1. Cell F14 hasilnya muncul diskon 30% karena Adi membeli Latte sedangkan latte masuk dalam kriteria diskon 30%. Walaupun jumlah pesanan hanya 1(tidak masuk kedalam kriteria)
2. Cell F15 hasilnya muncul diskon 30% karena Siska jumlah pesanannya sama dengan 3, pesanan >=3 masuk kriteria diskon 30%. Walaupun Jenis kopi tidak masuk kedalam kriteria
3. Cell F16 hasilnya adalah 0%(tidak ada diskon) karena Dila jenis kopi dan jumlah pesanan tidak masuk kedalam kriteria diskon 30%.
4. Cell F17 hasilnya adalah 0%(tidak ada diskon) karena Yudi jenis kopi dan jumlah pesanan tidak masuk kedalam kriteria diskon 30%.
5. Cell F18 hasilnya adalah 30% karena Andi jumlah pesanannya sama dengan 3, pesanan >=3 masuk kriteria diskon 30%. Walaupun jenis kopi tidak masuk kedalam kriteria tersebut
6. Cell F19 hasilnya adalah 30% karena Lia jumlah pesanannya sama dengan 3, pesanan >=3 masuk kriteria diskon 30%. Walaupun jenis kopi tidak masuk kedalam kriteria tersebut.

bagaimana teman-teman fungsi or, luar biasa bukan fungsi tersebut apabila diimplementasikan. semoga tutorial Excel ini bermanfaat terimakasih

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments